Pagelaran Setoran Perdana PBB dan Launching SP2D Online

By Badan Keuangan Daerah 23 Agu 2019, 21:59:50 WIB Pendapatan Daerah
Pagelaran Setoran Perdana PBB dan Launching SP2D Online

Pada tanggal 8 Juli 2019, bertempat di Ruang Solok Nan Indah, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Solok kembali membuat gebrakan dan inovasi baru. Pertama, BKD Kabupaten Solok melaksanakan pagelaran perdana setoran PBB-P2 sebagai tanda dimulainya setoran perdana PBB-P2 pada tahun 2019. Kedua, BKD Kabupaten Solok membuat inovasi berupa aplikasi SP2D Online yang merupakan percepatan pelayanan perbendaharaan dalam rangka pencairan SP2D berdasarkan SPM yang telah diterbitkan oleh masing-masing SKPD.

Pagelaran perdana setoran PBB ini merupakan gebrakan dari BKD Kabupaten Solok untuk menjaring setoran PBB sejak dini. Diharapkan dengan adanya pagelaran ini, memotivasi pemerintahan nagari untuk segera memungut PBB-nya ke masyarakat yang berada di wilayahnya. Salah satu bukti motivasi yang diberikan oleh BKD Kabupaten Solok adalah dengan memberikan hadiah kepada nagari yang pencapaian setoran PBB-nya paling tinggi atau telah mencapai 100% pada saat pagelaran setoran perdana ini berlangsung. Selain itu, setoran perdana ini juga diawali dengan setoran PBB oleh Bapak Bupati, H. Gusmal, S.E., M.M yang dilaksanakan langsung di Ruang Solok Nan Indah, Kantor Bupati Solok.

Selain membuat gebrakan melalui Setoran Perdana PBB, BKD Kabupaten Solok juga menelurkan satu inovasi lagi berupa SP2D Online. Aplikasi ini merupakan wujud keseriusan BKD Kabupaten Solok dalam memberikan pelayanan kepada para stakeholdersnya. Dengan aplikasi ini, BKD Kabupaten Solok berkomitmen memberikan pelayanan yang cepat dalam rangka pencairan SP2D berdasarkan SPM yang telah disampaikan oleh SKPD kepada BKD. Aliran data dari SKPD langsung diterima oleh BKD secara digital, sehingga BKD langsung dapat memproses secara cepat untuk kemudian, kembali secara digital, BKD mengirimkan permohonan pencairan kepada Bank Nagari untuk mencairkan SP2D-nya kepada Pihak Penerima. Dulunya, data ke Bank ini dilakukan secara manual, saat ini sudah dilakukan secara digital sehingga menghemat waktu pencairan oleh Bank. Selain itu, BKD Kabupaten Solok memberikan informasi progres pencairan SP2D tersebut melalui layar informasi yang telah disediakan di Lobby Kantor BKD Kabupaten Solok.

Semoga ke depannya, BKD Kabupaten Solok selalu giat dan tidak pernah berhenti menciptakan inovasi-inovasi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para stakeholders-nya. (red-anthony saliza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment