Badan Keuangan Daerah Kabupaten Solok Melaksanakan Launching Pendapatan Daerah dengan NVA & Aplikasi

By Badan Keuangan Daerah 25 Feb 2020, 19:48:36 WIB Pendapatan Daerah
Badan Keuangan Daerah Kabupaten Solok Melaksanakan Launching Pendapatan Daerah dengan NVA & Aplikasi

Keterangan Gambar : Acara Launching Pendapatan Daerah Menggunakan NVA dan Aplikasi Executive Dashboard Yang Dihadiri Langsung Oleh Bupati Solok, Bapak H. Gusmal SE, MM dan Direktur Utama Bank Nagari, Bapak Dedy Ihsan SE, MBA


Pada hari Kamis, 6 Februari 2020 bertempat di Ruangan Solok Nan Indah, telah dilaksanakan acara launching dan sosialisasi Pendapatan Daerah Kabupaten Solok menggunakan Nagari Virtual Account (NVA) melalui E-channel Bank Nagari dan juga launching aplikasi Executive Dashboard. Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Solok, Bapak H. Gusmal SE, MM beserta Direktur Utama Bank Nagari, Bapak Dedy Ihsan, SE, MBA. Turut hadir juga dalam acara tersebut antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Asisten Koordinator Bidang Pemerintahan, Kepala Badan Keuangan Daerah, beberapa Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, dan Kepala Cabang Bank Nagari Solok, Bapak Heri Wildani.

Penggunaan Nagari Virtual Account ini ditujukan agar membantu Wajib Pajak/Wajib Retribusi dalam melakukan pembayaran kewajibannya,dimana para Wajib Pajak/Wajib Retribusi tersebut dapat melakukan pembayaran kewajibannya dengan cara mentransfer ke rekening NVA sesuai jenis kewajiban yang akan dibayarkan. Saat ini, terdapat 111 rekening NVA yang telah ditetapkan Bupati Solok. Untuk wilayah Sumatera Barat, Kabupaten Solok merupakan Kab./Kota pertama yang menerapkan Virtual Account untuk pendapatan daerah.

Pembayaran transfer ke NVA tersebut dapat dilakukan oleh Wajib Pajak/Wajib Retribusi melalui beberapa E-Channel Bank Nagari, yaitu ATM, Nagari Cash Management, Nagari Mobile Banking. Sehingga dengan pembayaran menggunakan NVA melalui E-channel Bank Nagari, dapat memudahkan masyarakat dalam  melakukan pembayaran kewajiban pajak/retribusinya, karena tidak perlu harus datang ke teller Bank Nagari untuk membayar, tetapi pembayaran cukup dilakukan dari genggaman tangan saja. Dengan banyaknya alternatif metode pembayaran pembayaran pajak/retribusi, diharapkan akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Solok. Selain itu, dengan adanya penerimaan pendapatan daerah melalui rekening NVA, maka akan memudahkan penatausahaan pendapatan daerah. Jika dulu hanya mengandalkan rekapitulasi secara manual, sekarang diharapkan proses rekapitulasi bisa lebih cepat karena data pendapatan sudah terorganisir dan tersusun rapi berdasarkan kode rekening NVA-nya masing-masing.

Sementara itu, aplikasi executive dashboard pendapatan dapat memberikan informasi mengenai realisasi pendapatan daerah Kabupaten Solok. Melalui aplikasi ini, Pimpinan dapat memantau pendapatan daerah Kabupaten Solok setiap harinya. Disamping itu, melalui aplikasi executive dashboard pendapatan ini dapat dilihat anggaran dan realisasi pendapatan daerah per SKPD,  juga dapat dilihat 5 (lima) SKPD dengan realisasi pendapatan tertinggi. Hal ini dapat memudahkan Pimpinan memfollow-up SKPD yang realisasi pendapatannya masih jauh dibawah target.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 6 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment